Tips Mengemudi bagi Pengemudi Pemula

Bagi Pengemudi pemula yang baru belajar atau baru bisa Mengemudi Mobil , mungkin akan ragu-ragu saat hendak mengendarai mobil sendirian di jalanan umum. Biasanya pikiran negatif  ( negative thinking ) yang sering menghantui, jika diklaksoninlah…, ntar nabraklah…, ntar diomelin oranglah, Merasa baru bisa ..atau merasa supir baru , dan pikiran – pikiran negatif lainya.

Jadi sebagai instruktur sekolah mengemudi yang sehari – harinya Melatih pengemudi pemula, berbagai tips melepas dari pikiran takut Mengemudi Mobil.

Tips dari saya ,kunci dari segala suatu keahlian adalah “BIASA”, pasti sudah sering kita mendengar pepatah, “sesuatu bisa karena biasa”. Hal tersebut merupakan salah satu kuncinya. Sesuatu apapun yang merupakan hal baru bagi kita, pastinya akan mengalami kaku / tegang / grogi,  misalnya punya HP baru, TV baru , menjadi karyawan baru, masuk sekolah baru, dan hal lainnya, karena belum paham atau terbiasa segala sesuatunya.Seiring berjalanya waktu dan telah terbiasa maka tidak ada lagi rasa takut yang berlebihan. Namun ada juga tips lainnya yang dapat dilakukan, walau setidaknya jika membaca tips di bawah ini, mungkin dapat mengurangi rasa takut/khawatir mengemudi kendaraan. Berikut Tips Berani Mengemudi Mobil 

  1. Berdo’a dan berserah diri kepada Allah SWT.
    Dialah Allah penguasa segala sesuatu, mintalah pertolongan kepada Allah agar dihindarkan dari hal-hal yang buruk. Dengan bergantung kepada Allah yang kekuasaannya tidak terbatas, maha kuat dan segala sifat sifat lainnya. Menjadikan kita memiliki sandaran yang kuat. Setidaknya kita akan berani dan melakukan yang terbaik lalu sisanya serahkan kepada Allah, segala kejadian yang akan terjadi di masa depan adalah suatu takdir yang harus dijalani dan diterima.
  2. Yakin Bisa. Kalau kita sudah yakin bisa, seluruh organ tubuh kita akan mendukung untuk bisa
  3. Jangan Merasa Supir baru. Jika kita mengemudi dijalan raya, orang lain atau pengemudi lain tidak memandang supir baru atau supir lama, kapan kita bisanya, kendaraan siapa yang kita bawa. Orang lain melihat kita hanya mengemudinya dijalur yang benar atau tidak dan tertib atau tidak.
  4. Belajar Pengalaman dari  You Tube.Belajar mengemudi jangan hanya sebatas di tempat kursus saja, masih banyak ilmu tambahan yang bisa kita dapat dari  youtube atau browsing di Internet untuk memperluas Ilmu.
  5. Mengawali memgemudi di Jam-jam Sepi. Untuk awal-awal
    Cobalah mengemudi di waktu-waktu sepi, misalnya: di waktu hari libur sabtu atau minggu, Tengah malam  ( Orang lain pada tidur , kita mengemudi mobil )di ba’da shalat subuh hingga terbit matahari. Tidak usah khawatir, kita tidak mungkin selamanya seperti itu, paling hanya di minggu- minggu pertama.selanjutnya pastinya secara otomatis akan berani dengan sendirinya.
  6. Didampingi Teman atau anak atau siapapun. Coba ajak teman siapa saja, tidak harus teman kita itu bisa mengemudi. Karena pendamping kita hanya untuk menambah mental kita untuk berani, tidak untuk melatih, karena secarà otomatis, insting kita akan menyesuaikan. Sebagai saran, Pendamping kita lebih teman kita atau anak, karena mereka akan mensupport agar kita lebih berani dan tidak banyak mencela atau mengkritik dibandingkan dengan pasangan kita.
  7. Gunakan kaca mata hitam. Pakai kaca mata hitam bukan berarti kita mau bergaya, akan tetapi memakai kacamata hitam agar kelihatan ngga tegang. Karena orang kelihatan tegang dari pandangan matanya.
  8. Tanamkan motivasi bahwa saya Mampu. Dalam kitab Al-Quran tertulis jelas” Allah tidak akan menguji umatnya, melainkan sesuai dengan kemampuanya”. Ujian bukan hanya musibah, harta atau mobil juga ujian. Kalau anda dikarunia kendaraan, berarti Allah tahu bahwa anda mampu mengoperasikanya.
  9. Mengemudi itu merupakan hal yang sangat mudah/ gampang, ngga harus tamatan sarjana, orang ngga sekolah juga bisa. Buktinya supir – supir pada bisa berkendara , walaupun ngga kuliah,kakek nenek pada bisa. Yang penting Mental is number one.

1 komentar untuk “Tips Mengemudi bagi Pengemudi Pemula”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *