TIPS MEMILIH TEMPAT KURSUS MOBIL

TIPS MEMILIH KURSUS STIR MOBIL,

HARGA KURSUS STIR MOBIL / KURSUS MOBIL  DI CIKINI, JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

Apakah anda sedang mencari tempat kursus mengemudi/kursus stir mobil/tempat les mobil ?, berikut kami berikan beberapa tips yang harus diperhatikan , sebelum anda menjatuhkan pilihan ke lembaga pelatihan mengemudi/ kursus stir mobil, karena kalau salah dalam menentukan/ memilih tempat kursus mobil, akan merugikan anda dan pastinya akan menimbulkan kekecewaan karena tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

10 TIPS MEMILIH KURSUS MENGEMUDI

Mengemudi adalah sebuah kebutuhan yang mutlak diperlukan oleh setiap manusia.Ada berbagai cara seseorang untuk bisa mengemudi,bisa diajari sama teman, keluarga atau orang lain. Tapi salah satu cara yang paling aman dan terhindar dari segala resiko adalah dengan mengikuti kursus mengemudi/Kursus Mobil. Namun bila anda salah memilih kursus mengemudi/ kursus mobil, hal ini dapat menjadi kerugian yang fatal bagi anda, karena setiap kursus mobil/ sekolah mengemudi/ kursus mengemudi menjanjikan sesuatu hal yang manis-manis untuk meyakinkan calon peserta kursus mobil/kursus mengemudi/les mobil, padahal pada prakteknya tidak sesuai dengan apa yang mereka janjikan di awal. Salah satu kerugian terkecil adalah kerugian finansial dan rugi waktu, dan kerugian terbesar adalah mendapatkan konsekuensi hukum atau bahkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu penting untuk anda dapat memilih kursus mengemudi yang dapat membantu anda terhindar dari risiko diatas. Disini kami dari Satria Jayanti akan berbagi tips bagaimana memilihtempat kursus mengemudi/ kursus:

1. JANGAN TERTIPU DENGAN PROGRAM HARGA MURAH.

Banyak lembaga pelatihan mengemudi/ kursus stur mobil yang menawarkan harga murah. Hitung kembali biaya-biaya yang tidak tercantum di brosur,biasanya kita hanya focus pada biaya kursus mobil saja. Tapi padahal ada biaya-biaya yang lain yang akan timbul pada saat kita sudah mulai melaksanakan kursus mobil/ proses pelatihan mobil, seperti uang pendaftaran, uang tips instruktur, AC, bensin, dll. pastikan pilih yang harganya sudah all in dan tips tidak diharuskan namun hanya disarankan, karena biar bagaimanapun yang namanya tips itu sesuai dengan kerelaan dan kepuasan anda.Dan pastinya yang kita perhatikan adalah kualitas pelayanan kursus mobil tersebut.

2. LIHAT DURASI PELATIHAN/ KURSUS SETIAP SESI/PRAKTEK.,

Sering kita melihat lembaga pelatihan/ kursus stir mobil/ kursus mengemudi menawarkan pertemuan / sesi yang banyak, dan kadang kita membuat tergiur dengan jumlah pertemuan yang yang banyak dan harga kelihatan murah. Jangan tertipu oleh sesi praktek yang terlihat banyak,karena setiap sesi praktek kursus mobil ada yang mulai 30 menit, 45 menit dan 60 menit. Misalnya ada promosi 500 rb untuk 12 X praktek, kalau kita tidak jeli biasanya kursus mengemudi menerapkan 30 menit untuk 1 sesi, atau di promosi tadi anda hanya belajar 6 jam, jadi pilih yang hitungannya jam pelatihan.

3. LEGALITAS/ PERIZINAN RESMI LEMBAGA KURSUS MOBIL/ KURSUS MENGEMUDI DARI PEJABAT BERWENANG.

Lihat apakah kursus mengemudi tersebut memiliki surat izin menyelenggarakan kursus dari lembaga yang berwenang, karena sekarang makin banyak kursus mobil / kursus mengemudi atau orang yang melayani latihan mobil tanpa perizinan yang resmi. Seperti contoh di DKI Jakarta, lembaga pelatihan kursus mengemudi/ kursus mobil/ les mobil harus berbentuk Perseroan, seperti PT, BUMD atau Koperasi, dan bukan hanya cukup itu, tapi ada juga Ijin Penyelenggaraan dan pelatihan mengemudi dari Dinas PMPTSP DKI Jakarta, Ijin dari Dinas pendidikan DKI Jakarta, dan masih banyak syarat lagi yang harus di penuhi oleh setiap lembaga kursus mengemudi/ kursus mobil di DKI Jakarta. Dan utuk daerah lain juga ada ketentuan-ketentuan yang harus di penuhi oleh setiap lembaga kursus mengemudi / lembaga kursus mobil. Kenapa kita harus memperhatikan legalitas , karena setiap pelatihan kemungkinan terjadi resiko ,dan apabila dalam proses pelatihan / kursus terjadi resiko seperti menabrak atau terjadi pelanggaran lalu-lintas, maka yang bertanggung jawab secara hukum adalah yang mengemdarai kendaraan atau yang orang yang kursus. Perlu di ingat , Legalitas kursus stir mobil/ kursus mengemudi / sekolah mengemudi / les stir / les mengemudi merupakan hal yang sangat penting , karena menyangkut keamanan dalam proses pelatihan mengemudi / kursus mobil.

4. Pilihlah kursus mengemudi/ kursus mobil yang mempunyai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dengan SKKNI pastinya kursus mobil tersebut memilik jaminan kualitas nasional Indonesia, karena materi yang diajarkan pastinya sudah standar Indonesia dan sudah lengkap apa yang kita butuhkan dalam mengemudi, seperti Pengetahuan, skill dan etitude. Pilihlah kursus mengemudi yang memiliki konsep pelatihan berbasis kompetensi,yang berfokus tidak hanya pada skill mengemudikan kendaraan namun juga pada pengetahuan – pengetahuan tentang bagaimana meminimalisir resiko mengemudi dan tentang UU lalu lintas, yang dikemas dalam kelas teori dan bukan sekedar sempilan selama praktek. Serta berfokus pada positif attitude saat mengemudi, sehingga anda dapat selalu berpikir positif dan memiliki sikap menghargai nyawa diri sendiri dan orang lain.

5.PASTIKAN DI AWAL PERTEMUAN ADA TEORI SEBELUM PRAKTIK.

Pastikan anda menanyakan ketempat kursus mobil/ kursus stir mobil / les mobil/ les mengemudi, apakah ada teori di awal pertemuan atau adakah teori sebelum melakukan parakti ( inclass ) ? Mengapa hal ini sangat penting, karena bagaimana kita bisa dan aman kalau diawal pertemuan ngga ada teori dan kita langsung disuruh praktik dijalan. Teori adalah merupakan hal yang tak kalah penting, dengan adanya teori di awal berarti kita sudah dibekali ilmu pengetahuan dan sebagai modal untuk praktik, sehingga kita pastinya lebih aman dan lebih mudah dalam proses kursus stir mobil/ proses pelatihan mengemudi . Pastikan di awal anda praktek dimulai dari lapangan atau jalan yang lalu lintasnya ringan, karena kalau dimulai langsung dari jalan raya yang padat, anda sedang dibodohi oleh kursus mengemudi tersebut. di mobil praktek terdapat dual control yang tujuan utamanya adalah untuk mengontrol kendaraan saat keadaan darurat namun di kebanyakan kursus mengemudi, instrukturlah yang mengontrol laju kendaraan, jadi saat anda langsung mulai di jalan raya sebenarnya instrukturlah yang mengemudikan kendaraan tersebut bukan anda.

6. PASTIKAN INSTRUKTUR KOMPETEN DI BIDANGNYA

Banyak lembaga kursus mengemudi / kursus mobil mengambil SDM/ driver / supir asal-asalan untuk dijadikan pelatih atau instruktur. Pastikan instruktur kursus mengemudi/ kursus mobil/ les mobil/ kursus stir mobil kompeten dibidangnya. Hal ini di tandai dengan bukti sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ). Pastikan instruktur memberikan evaluasi setiap sesi setelah praktek kursus mengemudi/kursus mobil / les mobil. Ini berfungsi untuk mengevaluasi hasil praktek kursus mobil/ kursus mengemudi yang sudah baik bagian mana dan yang masih kurang bagian mana, untuk perbaikan di sesi kursus mobil/ les mengemudi / kursus stir mobil di hari berikutnya atau sesi berikutnya. Dan ini dapat membuktikan bahwa anda benar-benar bisa mengemudi bukan rekasaya instrukturnya. Serta terdapat sistem assessment dan penilaian yang jelas.

7. PASTIKAN SISTEM PRIVAT

Kenapa kita harus memilih tempat kursus mobil / les mengemudi yang menawarkan sistem privat, karena dengan privat sangat mempengaruhi konsentrasi,ketenangan, focus dan ketegangan dalam belajar mengemudi/ kursus mobil dan pastinya akan mempengaruhi hasil yang maksimal.Coba bayangkan kalau bukan privat alias belajar bersama-sama atau bareng-bareng dengan sekian orang, belajar mobil aja sudah sangat menegangkan bagi yang pemula, ditambah lagi dengan grogi oleh penumpang / peserta lain yang ada dibelakang, pastinya akan semakin tegang dan tidak konsentrasi dan tidak akan maksimal dalam proses belajar mobil atau kursus mobil.Pastikan apakah metode belajar privat benar-benar privat dan di perjalanan tidak ada penumpang lain selain diri kita dan instruktur.

8. PASTIKAN MULAI DAN AKHIR BELAJAR DIKANTOR YANG SAMA

Ada tempat kursus stir mobil/kursus mrngemudi menjanjikan/menawarkan sistem privat. Tapi pada prakteknya ngga sesuai apa yang dijanjikan diawal,yaitu sistem estafet, karena keterbatasan kendaraan kursus yang biasanya satu kendaraan untuk digunakan lebih dari kantor cabang.Yaitu sebagai contoh kita datang untuk latihan ke wilayah A, ternyata selesai jam latihan kita di turunkan di wilayah B) lalu untuk kembali ke wilayah A kita harus menumpang dengan murid yg sedang belajar yang diarahkan untuk jalan searah pulang dengan kita.

9.PASTIKAN TENAGA PENGAJAR/INSTRUKTUR TELAH MENGIKUTI PENDIDIKAN DARI TEMPAT PELATIHAN DARI INSTANSI TERPERCAYA.

 Dapatkan informasi yang lengkap tentang bagaimana dan dimana instruktur mereka mendapatkan pelatihan.Hal tersebut bisa dibuktikan dengan sertifikat instruktur yang terpasang di MADING atau ada piagam penghargaan dari instansi yang recomendit.

Pastikan instruktur kursus mengemudi tersebut tersertifikasi oleh lembaga yang berwenang, bila memiliki instruktur yang pernah mendapatkan sertifikasi dari luar negeri hal tersebut adalah nilai tambah yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

10. PILIHLAH TEMPAT KURSUS STIR MOBIL/LES MOBIL/ KURSUS MENGEMUDI YANG MENGUTAMAKAN KEPUASAN PELANGGAN.

Hal ini dapat diketahuinya saat anda mulai memasuki ruangan penerimaan siswa, lihat apakah mereka memastikan kenyamanan anda, serta lihat juga pelayanan staff penerimaan siswa, bagaimana keramahan dan kesopanan staff tersebut serta apakah anda mendapatkan seluruh informasi yang anda butuhkan dengan penjelasan yang detail dan terstruktur.Dan bisa juga mecari informasi tentang lembaga kursus tersebut dari searching di google,biasanya kita akan melihat recomendasi atau tidak, bahkan ada yang menampilkan pengalaman menarik atau pengalaman buruk di tempat kursus mobil tersebut.

Demikian 10 tips untuk memilih kursus mengemudi, ingat pilihlah kursus mengemudi dengan acuan diatas, karena kemampuan mengemudi adalah investasi seumur hidup yang sangat berguna untuk memudahkan kehidupan anda. Jadi jangan salah pilih, pilih yang terbaik!

UNTUK INFO KURSUS MOBIL/ KURSUS MENGEMUDI SILAHKAN PHONE / WHATSHAPP 081310014446 ATAU BUKA DI HTTPS://SATRIAJAYANTI.NE

15 komentar untuk “TIPS MEMILIH TEMPAT KURSUS MOBIL”

  1. Interesting post right here. One thing I would like to say is the fact most professional job areas consider the Bachelor Degree like thejust like the entry level requirement for an online certification. Though Associate Certifications are a great way to begin with, completing your own Bachelors starts up many entrances to various employment goodies, there are numerous online Bachelor Diploma Programs available through institutions like The University of Phoenix, Intercontinental University Online and Kaplan. Another thing is that many brick and mortar institutions offer you Online variations of their qualifications but typically for a significantly higher cost than the companies that specialize in online education plans.

  2. Hi! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website?

    I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at options for another platform.

    I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat me